Berita

Butuh Waktu Panjang bagi Chelsea untuk Menyamai Ajax Amsterdam

Frank Lampard percaya bahwa butuh waktu yang sangat panjang bagi Chelsea untuk bisa menyamai sukses jangka panjang dari akademi Ajax Amsterdam. Meski Chelsea mendapatkan banyak pujian, Lampard tetap merasa rendah hati dan berpikir bahwa akademi Ajax jauh lebih hebat.

Ajax punya tradisi panjang dalam menghasilkan talenta lokal dari akademinya. Musim lalu, berbekal pemain didikan akademi sendiri, Ajax hampir saja masuk ke partai final Liga Champions Eropa. Sayangnya, langkah mereka terhenti di babak semifinal kala berjumpa dengan wakil Inggris, Tottenham Hotspurs.

SBO Bintang sbobet Terpercaya. Daftar dan menangkan banyak keuntungan.

Langkah yang tak terlalu berbeda juga diambil oleh Frank Lampard bersama dengan Chelsea. Musim ini, Lampard sering memasang pemain-pemain muda yang berasal dari akademi Chelsea. Beberapa di antaranya tampil cemerlang. Seperti penyerang muda, Tammy Abraham yang memimpin daftar top skor klub.

Baca Juga : Menanti Duel Liverpool melawan Tottenham di Anfield

Ketika disbanding-bandingkan dengan akademi Ajax, Lampard tidak terlalu sepakat. Menurut eks pemain timnas Inggris tersebut, jalan panjang harus dilewati oleh Chelsea agar bisa mengejar atau menyamai akademi Ajax yang legendaris tersebut.

“Kami butuh waktu lama untuk menyamainya. Kami tidak boleh terlalu jumawa dengan ini semua. Tentu sangat bagus ketika kami mampu mengembangkan pemain muda. Namun butuh waktu panjang untuk menyempurnakan itu semua,” ujar Lampard.

Pelatih yang saat aktif bermain pernah memperkuat West Ham tersebut juga tak ingin berpuas diri. Menurutnya, sukses dalam jangka waktu panjang adalah tujuan sebenarnya dari pengembangan akademi.

“Para pemain muda telah menunjukkan apa yang mereka bisa lakukan. Tapi kami tak boleh puas dengan berpikir ini adalah cerita yang sudah berakhir. Ini adalah cerita indah sampai saat ini, namun sukses dalam jangka waktu yang panjang adalah tujuan kami sebenarnya,” tambah eks kapten Chelsea tersebut.

Chelsea memang sedang membangun kekuatan. Pendekatan baru dilakukan oleh klub asal London ini. Jika sebelumnya Chelsea dikenal sebagai tim yang jor-joran dalam membeli pemain, kini mereka ingin dikenal sebagai tim yang mampu mencetak pemain-pemain muda berbakat.

Apa yang dilakukan Chelsea ini tentu identik dengan Ajax Amsterdam. Dengan pembinaan akademi yang bagus, Ajax tak hanya menghasilkan talenta muda berkualitas. Tapi juga mendapatkan keuntungan secara finansial dari pengembangan akademi tersebut.

Write a comment

18 + 10 =