Berita

Liga Italia lebih Professional daripada Liga Inggris

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri merasa jika sepakbola Italia jauh lebih professional dibandingkan dengan Inggris. Meski kalah dalam sektor finansial, Sarri yang pernah berkarir di Inggris tersebut punya keyakinan tinggi jika sepakbola Italia punya masa depan yang cerah.

Dari berbagai penelitian, klub-klub Inggris memang mendominasi daftar tim terkaya di dunia. Bahkan, dalam daftar 10 besar tim sepakbola dengan pendapatan terbanyak yang dilansir oleh Deloitte, enam klub Premier League Inggris masuk secara sekaligus. Sementara tim Italia yang masuk hanya Juventus. Itu pun berada di peringkat 11.

Jurang yang cukup lebar itu membuat terjadinya kesenjangan antar liga. Premier League Inggris mendapatkan pendapatan yang dua kali lipat lebih banyak dari Serie A Italia. Bahkan, klub papan bawah Liga Inggris bisa mendapatkan pendapatan yang tak jauh berbeda dengan klub besar di Italia.

SBO Bintang agen bola Terpercaya. Daftar dan menangkan banyak keuntungan.

Meski dianggap kalah secara finansial, Maurizio Sarri meyakini jika persepakbolaan Italia lebih professional ketimbang Inggris. Sarri yang pernah merasakan atmosfer sepakbola Inggris saat melatih Chelsea punya pendapat tersendiri terhadap hal itu.

“Saya pikir kami berada di level yang sama dengan klub-klub raksasa Eropa lainnya, meskipun kami agak tertinggal dari sudut pandang ekonomi dan finansial dari klub Inggris,” ujar Sarri.

Baca Juga : Bek Juventus akan Pensiun dalam Beberapa Tahun Lagi

Eks pelatih Napoli tersebut mengatakan jika kekuatan utama persepakbolaan Inggris adalah uang. Hal itu tak bisa dibantah. Mengingat jumlah perputaran uang yang sangat banyak dan cepat sekali.

“Kekuatan mereka adalah uang. Mereka mendapatkan dua sampai empat kali lipat dari yang didapatkan klub kami. Saya pikir kami lebih professional. Namun itu saja tidaklah cukup,”

“Saya tidak tahu jika sepakbola kami bisa kompetitif di Eropa, tapi saya merasa jika hembusan angin telah berbuah. Tak seberapa jauh dari sekarang skor 3-0 di Serie A tidak lagi berarti akhir dari pertandingan. Klub-klub Italia sudah punya mental klub Inggris,” tambah Sarri.

Persaingan antar klub di Eropa memang sangat sengit sekarang ini. Dulu klub-klub Inggris dominan. Kini, dominasi sudah merata. Semua klub punya kualitas yang tak terlalu jauh berbeda. Sepakbola Italia pun dipercaya akan segera menggeser sepakbola Inggris.

Write a comment

three − one =